Social Icons

-

Pages

Sunday 26 February 2012

OBJEK WISATA SUMATRA BARAT


1.NGALAU INDAH
Ngalau Indah adalah nama sebuah goa yang berada di lereng perbukitan yang terdapat di Kota Payakumbuh. Di dalamnya terdapat batu stalagmit dan stalagtit yang terbentuk dari proses endapan kapur yang berlangsung ratusan tahun. Kedua jenis batu tersebut mempunyai ukiran beraneka macam bentuk, dengan ornamen-ornamen yang menakjubkan, seperti: ruang kamar tidur, kursi, kelambu dan lain sebagainya.Agar para wistawan dapat menikmati pemandangan Ngalau dengan lebih leluasa, pemerintah setempat membangun beberapa sarana pendukungnya, seperti: lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga.



Keistimewaan

Dari atas perbukitaan di sekitar Ngalau, para wisatawan dapat melihat panorama kota Payakumbuh yang terhampar di depan mata. Perpaduan tata bangunan perkotaan, hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang begitu luas merupakan satu kesatuan dari kemilau Kota Payakumbuh.






2NGARAI SIANOK
Ngarai Sianok adalah sebuah tebing jurang yang tinggi dan lembah lebar yang datar memanjang, sebuah keajaiban alam yang indah dan harus dilihat oleh para pejalan ketika berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Keindahan Ngarai Sianok dapat dilihat dan dinikmati, baik dari Taman Panorama maupun dari beberapa tempat lain di sekitar Bukittinggi dan Koto Gadang. <
Ngarai Sianok

Di tepian pagar yang menandai batas dengan tebing Ngarai Sianok terdapat deretan lukisan para seniman setempat yang menggambarkan keindahan alam Ngarai Sianok dan kebudayaan Minangkabau. Di sebuah kioas di tepi jalan menuju dek pandang Ngarai Sianok di Taman Panorama, saya melihat seorang pelukis tengah menorehkan kuasnya ke atas kanvas.


Dek pengamatan Ngarai Sianok yang berada di ujung Taman Panorama. Kios-kios di sepanjang tepian jalan menuju dek pengamatan Ngarai Sianok ini selain menjual lukisan, juga menawarkan benda-benda cinderamata dan benda budaya lainnya, baik buatan lokal maupun yang berasal dari luar daerah, serta kain-kain tenun tradisional setempat.


Jembatan yang melintang di atas Batang Sianok di dasar Ngarai Sianok, yang terlihat dengan lensa tele dari dek pengamatan Taman Panorama, kemudian kami datangi dan mengambil beberapa frame foto dari lokasi ini.

Menyusur jalan beraspal yang mulus lebih jauh lagi, kami menjumpai sebuah jembatan lain, yang dari atasnya terlihat gundukan bukit dengan sebuah pohon tunggal di puncaknya, sementara Gunung Singgalang berdiri gagah kebiruan di latar belakang.

3.lubang jepang 

Lubang Jepang Bukittinggi adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota BukittinggiSumatera BaratIndonesia. Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.





Sebelumnya, Lubang Jepang dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang, dengan panjang terowongan yang mencapai 1400 m dan berkelok-kelok serta memiliki lebar sekitar 2 meter. Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.
Selain lokasinya yang strategis di kota yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Sumatera Tengah, tanah yang menjadi dinding terowongan ini merupakan jenis tanah yang jika bercampur air akan semakin kokoh. Bahkan gempa yang mengguncang Sumatera Barat tahun 2009 lalu tidak banyak merusak struktur terowongan.
Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau JawaSulawesi dan Kalimantan untuk menggali terowongan ini. Pemilihan tenaga kerja dari luar daerah ini merupakan strategi kolonial Jepang untuk menjaga kerahasiaan megaproyek ini. Tenaga kerja dari Bukittinggi sendiri dikerahkan di antaranya untuk mengerjakan terowongan pertahanan di Bandung dan Pulau Biak.
ini adalah tempat perlarian masyarakat yang telah di masukan ke lubang jepang tepatnya di dapurnya 

ini adalah photo lubang jepang sebelum di tambal oleh semen

4.lembah anai



Lembah Anai 
Objek wisata cagar alam dengan udaranya yang sejuk dan indahnya keadaan alam ditambah derunya air terjun (aia mancua). Objek wisata ini terletak pada hutan lindung di pinggir jalan raya Padang – Bukittinggi /Batusangkar dan sangat mudah dijangkau, jarak dari Kota Batusangkar +  38 Km yang terletak di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto.





Pesona Plus dari Lembah Anai:
1. Berada pada daerah cagar alam terletak di Nagari Singgalang Kec. Sepuluh Koto, sekitar 38 km dari Batusangkar
2. Dapat menyaksikan air mancur yang besar.
3. Dapat melihat keceriaan "kera hutan" yang jinak sepanjang Lembah Anai
4. Anda dapat berenang di kolam(situ) yang terdapat dekat air mancur
5. Udara yang sejuk dan dingin

5.JAM GADANG
Jam Gadang adalah sebuah menara jam yang merupakanmarkah tanah kota Bukittinggi dan provinsi Sumatra Barat diIndonesia. Simbol khas Sumatera Barat ini pun memiliki cerita dan keunikan karena usianya yang sudah puluhan tahun.
Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazid Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama jam ini dilakukan putra pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur(Sekretaris Kota). Pada masa penjajahan Belanda, jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan, sedangkan pada masa pendudukan Jepang, berbentuk klenteng. Pada masa kemerdekaan, bentuknya berubah lagi menjadi ornamen rumah adat Minangkabau.
Ukuran diameter jam ini adalah 80 cm, dengan denah dasar 13x4 meter sedangkan tingginya 26 meter. Pembangunan Jam Gadang yang konon menghabiskan total biaya pembangunan 3.000Gulden ini, akhirnya menjadi markah tanah atau lambang dari kotaBukittinggi. Ada keunikan dari angka-angka Romawi pada Jam Gadang ini. Bila penulisan huruf Romawi biasanya pada angka enam adalah VI, angka tujuh adalah VII dan angka delapan adalah VIII, Jam Gadang ini menulis angka empat d

INI ADALAH JAM GADANG KETIKA MASIH ZAMAN JEPANG

DAN INI KETIKA ZAMAN BELANDA

1 comment: