Social Icons

-

Pages

Saturday 19 September 2015

Janjang Koto Gadang, Tembok China ala Indonesia

Bukittingi punya bangunan serupa Tembok China yang tak kalah megah 
.
Janjang Koto Gadang, Tembok China ala Indonesia

Untuk menyaksikan kemegahan Great Wall, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Tiongkok. Pasalnya, Bukittingi juga punya bangunan serupa Tembok China yang tak kalah megah.
Adalah Janjang Koto Gadang. Tembok besar yang terbentang sepanjang 1 km ini menjadi penghubung antara Kabupaten Agam dengan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat. Janjang Koto Gadang menyajikan panorama Ngarai Sianok yang mengagumkan.Anda yang datang ke sana bersiaplah untuk terpana dengan pemandangan yang disuguhkan. Hamparan persawahan, sungai-sungai dan tebing-tebing yang gagah akan memanjakan mata anda 

Jika sekedar menyaksikan megahnya Great Wall, travelers tidak perlu lagi pergi ke Tiongkok. Di Bukittinggi, travelers dapat mengunjungi Janjang Koto Gadang. Terbentang sepanjang 1 km, tembok besar ala Bukittinggi ini menjadi penghubung Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Janjang Koto Gadang menyajikan panorama Ngarai Sianok yang mengagumkan serta atraksi kera sepanjang melintasi jembatan ini.
Perjalanan selanjutnya ialah Fort de Kock, sebuah benteng pertahanan peninggalan kolonialisme Belanda. Selain bangunan utama, di sekitar benteng terdapat beberapa koleksi meriam kuno serta Jembatan Limpapeh yang menghubungkan benteng dengan Taman Marga Satwa Kinantan. Dari atas Jembatan Limpapeh, travelers dapat menikmati keindahan Kota Bukittinggi dari ketinggian 100 meter.

Masih seputar wisata sejarah, destinasi berikutnya ialah Lubang Jepang. Lubang yang dibangun sekitar tahun 1942 ini dibuat dengan mengandalkan tenaga para pekerja paksa yang disebut romusha untuk keperluan pertahanan pada masa penjajahan Jepang. Memasuki Lubang Jepang ini, travelers akan melalui terowongan sepanjang 1470 meter yang berbelok-belok serta menaiki 132 anak tangga, hingga akhirnya sampai di pintu seberang yang berada di atas bukit, di mana travelers dapat kembali menikmati keindahan Ngarai Sianok.

No comments:

Post a Comment